Mengenal Jenis-Jenis Melipat Kertas (Origami)

Mari mengenal berbagai jenis origami atau seni melipat kertas. Sejak kecil kita sudah mengetahui bahwa kertas dapat dibentuk berbagai model tetapi kita kebanyakan llupa bagaimana cara membuat bentuk tersebut. Dalam membuat bentuk dengan kertas atau dengan melipat kertas biasa di sebut origami. Dalam melakukan atau melipat kertas membentuk sesuatu juga tidak diperbolehkan asal melipat tetapi ada aturan dan cara melipat tertentu supaya hasil dari lipatan seperti yang kita inginkan bentuknya. Berikut ini ada beberapa jenis origami atau jenis melipat kertas yang perlu kita ketahui;
1. Seni Melipat Kertas Bergerak / Origami bergerak (Action Origami)
Action Origami membentuk kertas menjadi sebuah obyek dengan bisa digerakkan berbantuan, adapun bantuan yang dipakai bermacam macam. Bantuan bisa menggunakan jari ataupun ditiup atau dengan bantuan model lainnya sedangkan gerakan yang diciptakan beraneka ragam seperti mengepakkan sayap seolah-olah terbang, melompat, melayang atau membuka menutup. Origami tipe ini paling banyak disukai anak kecil karena bisa dimainkan hasil dari lipatan kertas yang dibuat.
Origami Bergerak

2. Moduler (Moduler Origami)
Merupakan seni dalam melipat kertas membentuk sebuah obyek 3 dimensi sehingga hasilnya menyerupai obyek aslinya dan biasanya menyerupai mahkluk hidup. Dalam Moduler Origami terusun dari beberapa lipatan kertas yang membentuk sesuatu dan saling mendukung, lipatan modul dalam jumlah yang banyak dan sederhana tetapi tersusun menjadi sebuah obyek tertentu dan dibutuhkan ketelitian sehingga Melipat kertas Moduler Origami membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya.
Origami 3 Dimensi 

3. Origami Basah 
Merupakan origami yang bahan pembuatannya menggunakan kertas basah, jika kertas yang digunakan kering maka dibasahi terlebih dahulu, dalam keadaan basah kertas dibentuk menjadi bentuk tertentu, setelah bentuk selesai alalu dibiarkan sehingga kertas menjadi kering. Origami tingkat ini merupakan origami bagi para seniman karena ketrampilan diuji dalam membentuk suatu objek disebabkan bukan hanya sekedar melipat kertas tetapi juga membentuk permukaan objek seperti tonjolan dan lekukan yang sempurna.
Origami Basah

4. Origami Murni (Pureland Origami)
Merupakan origami yang hanya boleh menggunakan lipatan kertas tanpa mengurangi dengan cutter ataupun gunting dalam membentuk obyek. Origami Murni dikembangkan oleh seniman asal inggris John Smith pada tahun 1970-an. John bertujuan untuk membantu orang belajar origami dan ditujukan khusus untuk orang yang memiliki keterbatasan fisik motorik.

5. Tesselasi Origami
Merupakan seni melipat kertas dengan berdasarkan susunan ubin secara teratur membentuk tonjolah dan lekukan atau membentuk pola tertentu. Yang pasti origami ini membutuhkan ketelitian dan kreatifitas pembuatnya sekaligus kesabaran dalam menyusun dan membentuk pola.
 
6. Kirigami
Sebenarnya ini bukan termasuk dalam seni origami, tetapi ada beberapa orang yang mengatakan kirigami termasuk juga kedalam origami. Kirigami merupakan kemampuan membuat obyek tertentu menyerupai sesuatu (mahkluk atau bangunan) menyerupai bentuk aslinya dan terbuat dari kertas, adapun melipat tidak diharuskan memotong juga diperbolehkan sehingga terbentuk obyek sesuai dengan aslinya.

Demikianlah jenis-jenis origami yang bisa penulis sampaikan semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jenis Jenis origami ini bukan merupakan patokan karena banyak juga jenis origami yang lain, penulis hanya mengklasifikasikan berdasarkan pengetahuan penulis dan referensi dari berbagai buku dan website yang pernah penulis baca. Semoga artikel penulis mengenai Jenis-Jenis Origami ini dapat menambah pengetahuan kita semua.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Melipat Kertas (Origami)"

Posting Komentar